Ads Top

Akhirnya! Moratorium CPNS Dihentikan? Rekrutmen PNS 2016-2017 Akan Dibuka Kembali? Berikut Kronologisnya



Akhirnya! Moratorium CPNS Dihentikan? Rekrutmen PNS 2016-2017 Akan Dibuka Kembali?

Baca dari awal sampai tuntas, kenapa Penulis berani memberi judul " Moratorium CPNS Dihentikan"

Sebelum lebih jauh kami memaparkan bagaimana pada akhirnya kami bisa mempublish postingan ini. Hal ini terkait dengan keprihatinan penulis tentang banyaknya tenaga honorer yang telah mengabdi bertahun-tahun, namun hingga kini nasib mereka sangat miris. Sebut saja nasib guru Honorer diberbagai daerah. Keluhan mereka sama, "Gaji yang tak seberapa, jangankan untuk makan sehari-hari, bahkan untuk ongkos mengajar pun tak cukup". Dengan keadaan yang seperti demikian, banyak kita jumpai guru honorer yang nyambi kerja lain (buka tambal ban, jadi buruh sampingan, dll) demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Miris memang kalau kita mau membuka mata lebar-lebar mengenai hal ini. Bukan rahasia lagi, yang berduitlah yang akan dengan mudah melenggang mulus menjadi PNS. Yang sudah mengabdi puluhan tahun, jangan terlalu berharap diangkat jadi PNS jika tak punya uang untuk menyuap para oknum kotor tikus-tikus kantor. Rahasia umum yang marak terjadi dimana-mana.

Lantas, dengan berteriak-teriak unjuk gigi, orasi kehadapan sang penguasa, kami dianggap tak paham? Kami dianggap tak mengerti dengan beban APBN atau APBD yang membengkak akibat belanja pegawai yang besar.

Katanya, Alasan moratorium pada saat itu ialah karena pemerintah ingin melakukan penataan terhadap birokrasi yang gemuk. PNS didistribusikan ke daerah atau kementerian yang kekurangan tenaga. Jelas! Sikap kami sangat mendukung jika memang benar demikian adanya. Tapi! Tidakkkah kita simak kembali riil kenyataan dilapangan. Bagaimana kami yang berjuang, kami yang berkeringat, kami yang tak merasakan manisnya gaji ke-14. Kami punya anak istri, kami punya keluarga untuk dinafkahi. Tak apa kami makan sekali sehari, asal jangan anak istri kami.

Ya, gaji ke-14 ke-15, ke-16 atau ke-100 tak apalah untuk segera dicairkan. Tapi tidakkah malu? Ini sangat kontradiktif dengan alasan pemerintah yang menolak mengangkat honorer K2 karena anggaran negara membengkak.

Itu hanya sekelumit kisah saja. Moratorium CPNS sampai tahun2019 memang menyisakan banyak permasalahan baru yang tak kunjung tuntas hingga kini.

Mari mulai masuk ke topik utamanya, BAGAIMANA MUNGKIN MORATORIUM PNS DIHENTIKAN?

Memang terdengar agak gila, namun tidak ada yang mustahil. Semua bisa saja terjadi.  Ada sedikit angin segar, katakanlah ada momentum yang pas, tatkala Menteri PANRB yang baru Asman Abnur mengatakan bahwa akan mengkaji ulang program moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diprogramkan MenPAN-RB sebelumnya, Yuddy Chrisnandi.

Asman mengatakan, masih melakukan pendataan mendalam terhadap jumlah PNS, kebutuhan dan kualifikasi yang ada.

"Kami masih data lagi jumlah PNS, kualifikasi dan formasinya, setelah itu baru kami ambil kebijakannya," ujarnya setelah menghadiri evaluasi akuntabilitas kinerja Provinsi Jatim di Surabaya, Selasa (2/8/2016).

Pendataan itu dianggapnya penting untuk mendeskripsikan kebutuhan dan peluang PNS, agar kebijakan yang diambil akurat.

"Saya masih empat hari kerja, jadi semuanya masih pendalaman data," ungkapnya. (Sumber Kompas)

So, bagi penulis ini adalah PELUANG BESAR untuk dibukanya kembali penerimaan CPNS 2016-2017. Kenapa? Karena kalau kita melihat kenyataan dilapangan, banyak sekali daerah-daerah yang kekurangan tenaga kesehatan, tenaga pendidik, penyuluh dan penegak hukum. Bahkan dibidang-bidang lainnya pun juga terkadang masih banyak kekurangan. Dan ironisnya didaerah tertentu terkadang malah banyak sekali kelebihan PNS, hal ini tentu saja membuat kinerja pemerintah menjadi timpang. Disatu sisi ada yang kekurangan, disisi lain ada yang berlebihan.

Tentu saja, jika jeli, dan kita sama-sama berharap, bahwa Menteri PANRB yang baru mampu menyelaraskan hal ini. Dan terlebih lagi jika beliau mau mengambil tindakan ekstrem, memecat PNS yang ketahuan menyogok misalnya. Atau memecat PNS yang indisipliner, yang sering bolos dsb. Dan memberikan kesempatan pada mereka yang benar-benar telah mengabdi lama, dan pada mereka yang benar-benar serius ingin melayani masyarakat.

PERCAYALAH Pak Menteri! Birokrasi gemuk yang diungkap Pak Yuddy sebelumnya dan juga beban belanja pegawai yang kronis akan bisa diatasi jika yang diangkat menjadi PNS adalah mereka-mereka yang benar-benar telah mengabdi sekian lama dan mereka-mereka yang tulus berjuang melayani masyarakat, dan tak mau memberi sogokan hanya untuk menjadi pegawai negeri.

Ada yang sinis, "Jangan berharap suara kita akan didengar". Jangankan dimedia sosial, kita teriak-teriak didepan istana juga mereka abaikan. Memang benar, tapi ada kekuatan tak terduga sekalipun hanya di dunia maya.

Ada 1 tempat yang menurut penulis sangat tepat menyuarakan hal ini. Disini tempatnya change.org,

"Cabut Moratorium CPNS, Buka Kembali Penerimaan CPNS, Reformasi Total Birokrasi, Pecat PNS yang Melakukan Suap dan Sering Bolos Kerja"

Penulis sempat membayangkan membuat judul petisi seperti diatas di change.org, namun untuk mewujudkannya tentu saja harus mendapat dukungan penuh dari teman-teman semuanya. Percayalah, sekalipun hanya di dunia maya, jika petisi tersebut telah ditanda tangani ribuan atau ratusan ribu orang, suara kita akan didengar pemerintah.

Saat ini, untuk mewujudkannya, masih perlu dukungan dan ide-ide lain agar petisi yang dibuat nantinya akan benar-benar mendapat sorotan dari pemerintah terkhusus Menteri PANRB.

Sehingga judul artikel ini "Akhirnya! Moratorium CPNS Dihentikan, Rekrutmen PNS 2016-2017 Akan Dibuka Kembali"
Benar-benar terlaksana seperti yang kita inginkan bersama.
Gerakan Perubahan Didasari Dari Hal-Hal Kecil, Tetap Berkontribusi Sekalipun Hanya Seutas Jerami.

Ayo Teman-Teman, Bantu Sebarin Artikel ini Biar Banyak Yang Mengetahui, Dan Agar Ada Ide Tambahan Tentang Petisi Yang akan Dibuat Nanti

Note: Sekilas tentang change.org

Situs web ini didirikan oleh Ben Rattray pada 2007. Change.org sempat melalui beberapa iterasi, mulanya dimanfaatkan sebagai jejaring sosial untuk aktivitas sosial, lalu berubah menjadi blog, kemudian bertransformasi menjadi situs web petisi online pada 2011.

Di negara asalnya, Amerika Serikat, Change.org memberi pengaruh besar terhadap perubahan sosial dan politik.
Akhirnya! Moratorium CPNS Dihentikan? Rekrutmen PNS 2016-2017 Akan Dibuka Kembali? Berikut Kronologisnya Akhirnya! Moratorium CPNS Dihentikan? Rekrutmen PNS 2016-2017 Akan Dibuka Kembali? Berikut Kronologisnya Reviewed by Mawar Senja on 17.58 Rating: 5